Big Pelatuk Amplifier


Kit amplifier buatan lokal yang cukup bagus beberapa tahun yang lalu adalah Blazer. Misalnya Blazer X6 yang memakai topologi VAS dari Hitachi dengan output CFP (Complementary Feedback Pair) / Sziklai. Hasil simulasi Blazer X6 cukup baik dibandingkan kit-kit amplifier buatan lokal yang ada di toko-toko elektronika pada umumnya. Namun karena penguatan tegangan (gain)-nya cukup kecil yaitu 33x, maka banyak yang komplain karena kit yang lain memiliki gain yang sangat tinggi. Padahal gain yang kecil tersebut agar kualitas suaranya cukup baik (THD cukup kecil, bandwidth lebih lebar, signal to noise ratio lebih tinggi, dll). Jika volume penuh amplifier belum clip maka diperlukan penguat tambahan sebelum amplifier yang biasa disebut pre-amplifier.

Namun saya melihat rancangan Blazer yang memakai topologi VAS dari Hitachi tersebut kurang optimal. Saya ingin membuat rancangan yang juga memakai VAS dari Hitachi, hampir sama murahnya, tapi kualitasnya lebih baik. Juga dengan transistor yang mudah dicari.  Lalu saya buat simulasinya. Ternyata hasil simulasinya jauh lebih baik. Schematiknya seperti ini:

Skematik Big Pelatuk Amplifier
 Berikut contoh layoutnya ukuran 25cm x 10cm
Bottom side

Silkscreen

Topologinya tidak perlu saya jelaskan karena sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Hasil simualsinya sebagai berikut:

Phase Margin: 73 derajat
Gain Margin: 14 dB
Slew Rate: 63 V/uS
THD pada 182W/8Ohm, 1kHz -> 0.003131%
THD pada 182W/8Ohm, 20kHz -> 0.009777%
PSRR pada 1kHz -> 104 dB

Hasil simulasi tersebut masih bisa ditingkatkan dengan memilih transistor yang lebih baik, terutama transistor VAS nya. Tentu saja jadinya tidak “low cost“. Power supply sebesar +-63VDC atau memakai trafo 45VAC CT minimal 5A untuk mono. Daya maksimal sekitar 350Watt rms pada 4 Ohm.

Arus biasnya optimal pada 60mA atau kalau diukur tegangan pada resistor R48 sekitar 13mV.

Semula amplifier ini saya namakan “Low cost Hitachi VAS 350“. File simulasi dengan LTSpice bisa di download di group facebook “DIY Audio Indonesia” dengan nama “Hitachi VAS low cost.asc“. Sedangkan schematic dan layout PCB  bisa di download di group tersebut dengan nama “Low cost Hitachi VAS 350.zip“. Layout PCB saya rancang agar mudah dibuat oleh pemula.

Nama amplifier ini sekarang resmi berubah menjadi Big Pelatuk Amplifier. Rencananya, versi komersialnya akan tersedia dengan sedikit perubahan. Tentu saja lebih baik.

PCB Big Pelatuk Amplifier dengan PSU


PCB Big Pelatuk Amplifier dengan Protektor

Kit Big Pelatuk Amplifier dengan PSU

Kit Big Pelatuk Amplifier dengan Protektor
Perakitan dan PCB nya bisa dipelajari di sini
Sumber : https://anistardi.wordpress.com/2016/05/21/amplifier-big-pelatuk/