Amplifier Kelas G

 

Istilah amplifier kelas G dan kelas H sering terbalik-balik penyebutannya. Di sini saya mengacu pada standar Anglo-Japanese yang menyatakan bahwa amplifier kelas G adalah amplifier kelas AB yang catu dayanya dimodulasi secara linier mengikuti sinyal inputnya. Amplifier kelas G ini memiliki dua buah power supply, dimana saat sinyal output kurang dari tegangan power supply yang rendah, maka modulator power supply-nya tidak bekerja. Namun ketika tegangan output melebihi tegangan power supply yang rendah, maka modulator power supply bekerja sehingga arus dari power supply yang rendah terputus dan mengalir arus dari power supply yang tinggi.

Gambar tegangan output amplifier kelas G dan tegangan modulatornya ada di bawah ini. Kurva warna hijau adalah tegangan outputnya. Kurva warna biru adalah tegangan modulator bagian positif. Kurva warna merah adalah tegangan modulator bagian negatif. Tegangan power supply yang sendah sekitar 23VDC dan tegangan power supply yang tinggi sekitar 63VDC.



Bagian output amplifier kelas G yang disederhanakan adalah seperti gambar di bawah ini.



VCC1 dan VCC2 dalah power supply yang tinggi, sedangkan V1 dan V2 adalah power supply yang rendah. Q24, Q25, Q26, dan Q27 adalah transistor output amplifier kelas AB. M1 dan M3 adalah modulator power supply bagian positif. Sedangkan M2 dan M4 adalah modulator power supply bagian negatif. D17 dan D18 untuk mencegah arus dari VCC1 mengalir ke V1 dan arus dari VCC2 mengalir ke V2. V3 dan V4 adalah tegangan bias untuk transistor kelas AB, sedangkan V5 adalah sinyal input.

Jika sinyal input V5 di beri tegangan dari -63VDC sampai tegangan 63VDC, maka tegangan output dan tegangan modulator power supply akan seperti ini.



Kurva warna hijau adalah tegangan output. Kurva warna biru adalah tegangan modulator bagian positif. Kurva warna merah adalah tegangan modulator bagina negatif.

Amplifier kelas G ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi daripada amplifier kelas AB. Saat modulator power supply tidak bekerja, disipasi daya M1 sampai M4 sangat kecil. Sinyal music memiliki jangkauan dinamik yang cukup tinggi, sekitar 6 dB untuk music yang kompresinya tinggi sampai lebih dari 12 dB pada music yang kompresinya rendah. Ini mengakibatkan modulator power supply amplifier kelas H jarang bekerja.